7 Tips Ampuh Sukses Bekerja Dalam Tim

Setiap perusahaan atau tempat bekerja pasti memiliki banyak karyawan/pegawai. Setidaknya terdapat beberapa orang yang bertanggung jawab di bidang-bidang pekerjaan yang berbeda. Namun di perusahaan-perusahaan yang tergolong besar, dalam sebuah bidang biasanya terdiri dari beberapa orang atau dalam istilah kerennya di sebut Tim.

Tim ini terdiri dari beberapa orang yang memiliki keahlian yang sama atau memiliki keterkaitan satu sama yang lain dalam menyelesaikan suatu tugas di perusahaan. Nah, jika anda berada dalam pekerjaan seperti ini, anda pasti dituntut untuk bisa bekerjasama dengan baik dalam tim tersebut. Tapi bekerja dalam tim tentu tidak mudah.

5 Tips Ampuh Sukses Bekerja Dalam Tim

Namun jangan khawatir, karena saya memiliki beberapa tips ampuh mengenai bagaimana cara bekerja dalam tim dengan baik. Seimak tipsnya berikut ini :

1. Singkirkan Ego
Dalam tim anda harus bisa menyingkirkan ego pribadi. Anda harus bisa mengutamakan kepentingan bersama ketimbang kepentingan pribadi. Maksudnya, anda harus demokratis, tidak memaksakan pendapat sendiri. Harus bisa menerima pendapat orang lain jika memang pendapat orang lain lebih baik dari pendapat anda.

2. Saling Membantu
Agar tim anda sukses, usahakan untuk selalu menerapkan prinsip salaing membantu. Ketika pekerjaan anda sudah selesai, maka gunakan waktu anda untuk membantu rekan setim anda yang lain. Karena didalam tim, bukan target pribadi yang harus anda kejar, melainkan target tim.

3. Jaga Komunikasi
Sangat penting menjaga komunikasi antar rekan setim. Sedikit meluangkan waktu untuk bercanda-canda sedikit tentu tidak akan menjadi masalah. Justru itu akan membuat suasana kerja salam tim menjadi lebih akrab dan menyenangkan.

4. Tahu Menempatkan Diri
Maksud dari tahu menempatkan diri adalah anda harus tahu bagaimana sikap anda dalam suatu keadaan. Di saat sedang serius maka anda harus serius, jangan bercanda. Dan di saat santai maka anda jangan kaku dan cemberut, ikut lah bersantai dan bercanda bersama yang lain.

5. Jangan Cepat Emosi
Emosi merupakan hal yang harus anda kendalikan dalam bekerja. Jangan cepat marah atau pun cemberut hanya karena sesuatu hal. Usahakan untuk selalu bersikap tenang, meskipun ada hal-hal yang terkadang membuat anda ingin marah.

6. Jangan Saling Menyalahkan
Sikap saling menyalahkan merupakan hal yang sering menjadi sebab rusaknya sebuah tim, dan tak terkecuali dalam bekerja. Sikap salaing menyalahkan dalam sebuah permasalahan akan membuat kekompakan dan kepercayaan dalam sebuah tim menjadi hilang. Akhirnya perpecahan dalam tim akan terjadi jika sikap ini tidak segera di atasi.

7. Saling Bertanggung Jawab
Sikap bertanggung jawab harus anda miliki sejak anda mulai bekerja. Sejak jam masuk hingga jam pulang, anda harus melakukan pekerjaan yang ditugaskan pada anda dengan baik. Lakukan tugas anda seprofesional mungkin. Jangan sampai teman setim anda dirugikan akibat cara bekerja anda yang tidak bertanggung jawab.

Demikian lah tips mengenai cara sukses bekerja dalam sebuah tim. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

0 Response to "7 Tips Ampuh Sukses Bekerja Dalam Tim"

Post a Comment